Home‎ > ‎Tips‎ > ‎

Layout iklan baru Google Adwords

diposting pada tanggal 23 Feb 2016 06.14 oleh Suyanto F   [ diperbarui31 Jul 2017 05.36 ]

Pada tanggal 19 Februari, 2016, Google menegaskan bahwa halaman hasil pencarian di desktop tidak akan lagi menampilkan iklan teks di sidebar kanan.Sebaliknya, sebanyak empat iklan teks akan ditampilkan di atas hasil organik, dan tiga iklan teks akan ditampilkan di bagian bawah halaman.

Pasti akan ada banyak analisis yang datang pada perubahan ini, apa dampaknya bagi pengiklan - tayangan, BPK, RKT, posisi rata-rata dan sebagainya. Inilah yang kita ketahui sejauh ini tentang perubahan tersebut.

Apa yang Tepat Apakah Mengubah?

Semua perubahan dikonfirmasi pada hari tgl 19 Februari 2016 berkaitan dengan hasil pencarian desktop di Google.com dan Google mitra penelusuran.

Ada beberapa elemen termasuk dalam perubahan hasil dekstop:

  1. Tidak ada iklan teks akan disajikan pada rel kanan hasil pencarian di desktop.
  2. Google akan melayani empat iklan teks bukan tiga di atas hasil organik untuk "kata kunci yang sangat komersial".
  3. Tiga iklan teks akan ditampilkan di bagian bawah SERPs.
  4. Jumlah total iklan teks yang dapat muncul pada SERP akan menyusut dari sebanyak 11 menjadi maksimal tujuh buah.
  5. Cantuman produk blok iklan dan Panel Pengetahuan akan ditampilkan di sebelah kanan

Pembaruan ini diluncurkan permanen di seluruh dunia untuk Google.com dan mitra penelusuran - meskipun tidak semua mitra penelusuran menawarkan sidebar.

Apakah Pergeseran ini Mendadak?

Sementara konfirmasi bahwa Google tidak akan lagi menampilkan iklan teks di sidebar di desktop datang sebagai kejutan bagi banyak orang, itu sudah dilakukan percobaan selama beberapa waktu.

Google telah menguji variasi layout ini selama beberapa tahun sekarang. Pertama kali Google mulai bereksperimen dengan empat iklan di atas hasil organik adalah pada tahun 2010 , pada permintaan KPR. Akhir tahun lalu, banyak pengguna mulai melihat empat iklan muncul di kata kunci lain , tanpa iklan yang muncul di sidebar.

Ketika Search Engine Land meminta Google tentang pengujian ini Desember lalu, kami diberitahu bahwa itu tidak permanen dan hanya berjalan pada sejumlah kecil kata kunci. Dan kemudian minggu lalu terjadi.

Apakah Perubahan ini akan membuat Biaya per klik Meroket?

Jika merunut dengan hukum permintaan dan penawaran, jumlah ruang iklan yang menyusut dari 11 menjadi 7 akan menaikkan biaya perklik secara drastis, tetapi mesti kita pikirkan juga posisi atas iklan sebenarnya justru bertambah dari 3 menjadi 4. Dan para pengiklan mestinya tidak akan menawar posisi iklan di bawah dengan biaya per klik yang lebih tinggi daripada dengan posisi di samping kanan.

Hanya waktu yang akan menjawabnya, karena Google selalu berubah sejalan dengan waktu

Comments